Pengertian dan Empat Kegunaan Utama Cloud Computing

2016-09-06 12:20:44
VIBICLOUD – Cloud computing atau dikenal dengan komputansi awan merupakan gabungan dari pemanfaatan beberapa teknologi komputer atau komputansi yang dikembangkan dengan berbasis internet. Secara sederhana dapat dikatakan jika cloud merupakan metafora dari internet karena awan sering digambarkan dalam diagram jaringan komputer. Dari pengertian cloud computing ini sudah tergambar beberapa manfaat atau kegunaannya. Bahkan mungkin tanpa sadar Anda atau perusahaan Anda sudah memanfaatkannya. Agar Anda dapat memanfaatkan kegunaan, artikel ini akan membahas empat kegunaan utama dari cloud computing yang pasti bermanfaat bagi Anda maupun perusahaan Anda.

Berikut 4 Kegunaan Utama Cloud Computing Bagi Anda dan Perusahaan Anda


Lingkungan terbaik untuk pengujian atau pengembangan. Cloud merupakan lingkungan yang tepat untuk melakukan pengujian ataupun pengembangan. Dengan menggunakan cloud perusahaan Anda akan menghemat dana, tidak perlu membangun lingkungan yang dibutuhkan untuk pengembangan, waktu dan tentu saja tenaga. Seiring dengan perkembangan, hanya dengan beberapa sentuhan jari dan bantuan cloud, lingkungan pengujian yang Anda butuhkan sudah tersedia, sesuai dengan keinginan. Anda hanya perlu melakukan instalasi dan konfigurasi platform yang sesuai dengan pengujian atau pengembangan yang akan Anda lakukan.
 
Vibicloud menjadi salah satu penyedia cloud computing di Indonesia

Analisa big data. Internet tidak hanya mengubah prilaku sosial manusia melainkan juga membajiri masyarakat dengan informasi dan data. Ini tentu saja menguntungkan karena sekarang cukup dengan beberapa sentuhan Anda akan mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan untuk pengembangan perusahaan Anda seperti pola belanja atau prilaku target audience atau target market Anda. Walau begitu, data yang Anda dapatkan tidak dapat langsung digunakan melainkan harus dianalisa. Solusi terbaik, daripada menambah perangkap untuk menyelesaikan analisa data tersebut, menggunakan cloud lebih terdengar masuk akal. Lingkungan dengan data dan kemungkinan tidak terbatas.
 

Ruang penyimpanan dokumen. Cloud menawarkan kemungkinan penyimpanan dokumen atau data, serta mengaksesnya dari berbagai perangkat yang berbeda. Jika Anda atau perusahaan Anda membutuhkan skalabilitas, kecepatan, kemudahan serta keamanan yang terjamin maka cloud merupakan ruang penyimpanan terbaik. Cloud dapat dikatakan seperti kolam data tanpa batas.

Back up dan pemulihan setelah bencana. Anda tidak pernah tahu kemungkinan di masa depan. Demi kebaikan perusahaan dan Anda jangan pernah lupa untuk mem-back up data penting dari perusahaan. Memikirkan kemungkinan bencana, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mem-back up atau menyimpan data perusahaan Anda di cloud karena cloud tidak terikat pada perangkat. Sekalipun bencana alam terjadi dan seluruh perangkat pada perusahaan Anda rusak hingga tidak bisa diperbaiki, data yang tersimpan di cloud tidak akan terganggu. Yang Anda butuhkan hanya perangkat baru yang tersambut dengan internet untuk mendapatkan semua data yang Anda butuhkan. 

News & Events