Cara Terbaik Mengintegrasikan Cloud Computing dan Bisnis Anda

2016-09-13 10:32:34
VIBICLOUD – Sekarang ini, cloud computing merupakan topik yang sering dibicarakan oleh para pengusaha. Termasuk Anda. Tentu saja bukan membicarakan pengertian cloud computing melainkan bagaimana perkembangan teknologi ini diadaptasi ke dalam bisnis dan membuat bisnis menjadi lebih mudah dan efisien. Bagi Anda dan pemilik perusahaan yang lain, waktu dan modal merupakan hal yang sangat berharga. Kabar baiknya, cloud computing mampu membuat Anda menghemat kedua hal tersebut dengan baik.

Cloud computing memungkinkan data diakses dari mana saja dan kapan saja. Kemudahan ini tentu saja membuat cloud computing menjadi pilihan praktis bagi banyak pemilik perusahaan. Data terbaru, 69% perusahaan kecil dan menengah sudah mengaplikasikan cloud computing dalam bisnis mereka. Jika Anda masih mempertimbangkan atau mungkin bingung bagaikana cara untuk mengintegrasikan komputansi awan ke dalam bisnis Anda, kami menghadirkan beberapa cara terbaik untuk menjawab pertanyaan Anda.

Tentukan kebutuhan bisnis Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kebutuhan bisnis dan sejauh mana Anda berencana untuk mengintegrasikan cloud computing dalam bisnis Anda. Tidak hanya itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kebutuhan dan rencana masa depan bisnis Anda serta bagaimana cloud computing mampu untuk mendukung dan membuatnya menjadi lebih efisien karena itu tujuan dari integrasi cloud computing, membuat bisnis Anda menjadi lebih efisien.

Lakukan riset. Bijak jika Anda memulai dengan pengertian cloud computing dan apa yang dapat dilakukannya untuk mengefisiensi bisnis Anda. Pastikan Anda memiliki cukup pengetahuan dan informasi mengenai teknologi ini. Walaupun cloud computing bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan paling logis untuk saat ini bagi bisnis, Anda tetap harus menjaci tahu bagian mana dari bisnis Anda yang akan memperoleh keuntungan dari pemanfaatan cloud computing.
Pahami risiko yang mugkin terjadi. Tentu saja selalu ada risiko. Cari tahu lebih lanjut tentang kebijakan keamanaan yang akan Anda terapkan ketika menggunakan layanan berbasis cloud. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko dan ancaman keamanan tentu saja dengan membatas akses pada data penting perusahaan Anda. Selain itu, pastikan Anda sudah membicarakan potensi risiko dengan pihak penyedia jasa layanan cloud yang Anda gunakan.

Integrasikan cloud dengan infrastruktur yang sudah Anda miliki saat ini. Ketika bermigrasi menggunakan cloud, sebaiknya Anda memulai dengan perlahan. Lakukan uji coba untuk mendapatkan gambaran tentang teknologi ini dan bagaimana bisnis Anda berjalan dengan bantuannya. Setelah Anda familiar dan menyukai hasilnya, identifikasi bagian dari infrastruktur Anda yang paling sedikit memakan waktu untuk migrasi menggunakan cloud computing. 

News & Events